Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen: Nganjuk Harus Kondusif, Karena Ekonomi Kita Sedang Tumbuh

Sarasehan Hari Buruh Internasional di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Pemkab Nganjuk, Jumat 5 Mei 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, berharap wilayah yang dipimpinnya ini kondusif. Sebab, perekonomian di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, sedang mekar-mekarnya.

“Nganjuk harus kondusif, karena ekonomi kita di Kabupaten Nganjuk sedang tumbuh,” kata Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, Jumat 5 Mei 2023.

Hal itu disampaikan Kang Marhaen saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sarasehan Hari Buruh Internasional, di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

Sarasehan Hari Buruh Internasional ini merupakan rangkaian dari peringatan may day 2023 di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

Kang Marhaen menuturkan, saat ini tumpuan perekonimian di Kabupaten Nganjuk mulai bergeser dari sektor agraris ke industri. Kendati saat ini pertanian masih menjadi sektor yang terdepan.

“Mulai bergesernya Kabupaten Nganjuk dari agraris ke industri tentunya harus kita dukung, meski pertanian terus kita kembangkan,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu.

Selanjutnya, Kang Marhaen memaparkan bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Nganjuk saat ini berada di angka Rp30 triliun per tahun.

“(Pendapatan) per kapitanya hingga saat ini sekitar Rp2,4 juta, masih di atas Upah Minimum Kabupaten (UMK) Nganjuk. Pengangguran terbuka juga turun dari 4,9 persen ke 4,3 persen,” sebutnya.

Sementara itu, dengan mulai beralihnya tumpuan perekonimian di Kabupaten Nganjuk dari sektor agraris ke industri, Kang Marhaen berharap hal itu dapat mengurangi presentase pengangguran terbuka.

“Jangan sampai berkembang dari industri, tetapi penganggurannya justru tinggi, ini tidak boleh. Kita bersama orang kecil, para buruh, dan pekerja, tetapi kita tidak memusuhi orang besar para pengusaha,” paparnya.

Berkat pendekatan yang dilakukan Pemkab Nganjuk terhadap pihak-pihak terkait, saat ini UMK Nganjuk berhasil naik hingga 10 persen.

“Kita terus berdiskusi, alhamdulillahUMK kita sudah naik 10 persen,” pungkas Kang Marhaen.

Sebagai informasi, Sarasehan Hari Buruh Internasional di Pendopo KRT Sosrokoesoemo ini mengambil tema ‘Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri’.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo, Konsultan Ketenagakerjaan Admari, anggota AK HKI dan mantan hakim, dan dihadiri elemen buruh.