Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Terima Penghargaan JDIH dari Gubernur Khofifah

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menerima penghargaan setelah Nganjuk dinobatkan menjadi kabupaten terbaik ke-IV terkait pengelolaan JDIH tahun 2023 Provinsi Jawa Timur

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menerima penghargaan langsung dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis 1 Juni 2023.

Hal itu setelah Nganjuk dinobatkan menjadi kabupaten terbaik ke-IV terkait pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) tahun 2023 Provinsi Jawa Timur.

Adapun piala dan piagam penghargaan itu diterima oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Penghargaan yang diberikan Khofifah kepada Pemkab Nganjuk ini Istimewa. Sebab, piala dan piagam penghargaannya diberikan tepat di momen peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.

Sementara Khofifah saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo.

Di mana dalam amanatnya, pihaknya mengajak seluruh komponen bangsa bersama-sama menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” kata dia.

“Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara,” lanjut Khofifah.

Selanjutnya, Khofifah mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, dan impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

“Dengan menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika. Menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, menjadi negara mandiri dan negara paling berpengaruh di Asia Pasifik serta Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia,” bebernya.

Berikutnya, mantan Menteri Sosial itu menyebut melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, maka akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga, baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu tidak hanya Kabupaten Nganjuk yang menerima penghargaan terkait pengelolaan JDIH tahun 2023 Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Kabupaten Banyuwangi yang menjadi terbaik ke-I, Kabupaten Tuban terbaik ke-II, Kota Surabaya terbaik ke-III, Nganjuk terbaik ke-IV, dan Kota Malang terbaik ke-V.

Sebagai informasi, JDIH adalah layanan informasi hukum yang dapat diakses oleh masyarakat secara mudah, cepat, dan akurat secara online. Mayarakat dapat mengakses JDIH Kabupaten Nganjuk dengan alamat jdih.nganjukkab.go.id.

Pada laman tersebut, ada sejumlah dokumen dan informasi hukum yang dapat diakses oleh pengunjung laman.

Beberapa di antaranya seperti Perda, Perbup, Keputusan Bupati, hingga SE. Sistem JDIH Kabupaten Nganjuk ini merupakan kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk bersama Bagian Hukum Setda Kabupaten Nganjuk.