Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cetak Wirausahawan Baru, Disnaker Nganjuk Adakan Pelatihan Barbershop Diikuti Puluhan Peserta

Pelatihan barbershop di Aula Disnaker Kabupaten Nganjuk, Jumat 16 Juni 2023

Nganjuknews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menggelar pelatihan barbershop di Aula Disnaker, Jumat 16 Juni 2023.

Tujuan pelatihan ini yakni untuk menciptakan lapangan kerja dan wirausahawan baru, termasuk untuk menyiapkan SDM yang terampil dan berkompeten di Kota Bayu.

“Terus terang di Kabupaten Nganjuk sendiri tenaga kerja laki-laki untuk masuk ke perusahaan agak kesulitan, karena mayoritas yang dibutuhkan adalah perempuan,” jelas Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Supiyanto, usai membuka pelatihan.

“Untuk itu, sebagai upaya perluasan kesempatan kerja itu kami laksanakan pelatihan ini," lanjut dia.

Supiyanto menerangkan, pelatihan ini akan berlangsung selama sepuluh hari, dan diikuti oleh 20 anak-anak muda dari Kota Angin.

"Insyaallah bulan ini ada dua angkatan, jadi total ada 40 orang nantinya yang mengikuti pelatihan barbershop," ucap Supiyanto.

Menurut Supiyanto, selama pelatihan para peserta mendapat berbagai fasilitas. Mulai dari perlengkapan pelatihan, alat tulis kantor, uang transport, hingga materi.

Materi yang diberikanpun tidak sekedar teori, tetapi juga praktik langsung dengan didampingi narasumber kondang dari Kabupaten Nganjuk.

Atas berlangsungnya kegiatan ini, Supiyanto berharap nantinya bisa muncul para barbershop andal asli Nganjuk. Sehingga, masyarakat semakin memiliki banyak pilihan apabila membutuhkan tukang potong rambut.

“Pelatihan ini juga sebagai upaya mengurangi angka pengangguran terbuka di Nganjuk. Bekerja tidak sekadar di perusahaan. Tukang potong rambut atau barbershop juga bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan,” tambah Supiyanto.

Sementara itu, perwakilan dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Nganjuk, Muji Subagyo, turut mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut.

Menurutnya, pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

Selain itu juga untuk memperluas kesempatan kerja, sebagai upaya mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Nganjuk.

"Semoga peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik, dan ilmu yang didapat bisa diterapkan untuk membuka usaha dilingkungannya masing-masing," tutupnya.

Untuk diketahui, pelatihan barbershop ini menggunakanan anggaran dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023.