Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ponpes LDII Lengkong Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Petugas Damkar saat berjibaku memadamkan api di gedung Ponpes LDII Lengkong yang terbakar, Sabtu 17 Juni 2023 dini hari

Nganjuknews.com – Pondok Pesantren (Ponpes) LDII Lengkong di Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, terbakar pada Jumat 16 Juni 2023 sekitar pukul 22.56 WIB.

Api baru bisa dipadamkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Sabtu 17 Juni 2023 dini hari.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk, Sujito, membenarkan adanya insiden kebakaran di Ponpes LDII Lengkong.

Sujito menuturkan, pihak Damkar mulanya mendapat informasi kebakaran di Ponpes LDII Lengkong dari Kepala Desa (Kades) Lengkong.

Setelahnya, pihaknya menerjunkan satu unit mobil damkar dari Pos Damkar Lengkong ke lokasi kejadian.

“Bapak Lurah (Kades) Lengkong mendapat laporan kebakaran di Pondok LDII, diteruskan mendatangi ke Pos Damkar Lengkong, satu unit damkar beserta personel meluncur ke lokasi kebakaran,” ujar Sujito kepada wartawan di Nganjuk, Sabtu 17 Juni 2023.

Dalam prosesnya, lanjut Sujito, pihak Pos Damkar Lengkong meminta bantuan ke Pos Damkar Tanjunganom karena gedung yang mengalami kekabaran posisinya terlalu tinggi.

“Dikarenakan gedung terlalu tinggi, kita menghubungi Pos (Damkar) Tanjunganom dengan (menerjunkan) satu unit armada beserta personel,” papar Sujito.

Diduga Korsleting Listrik

Usaha petugas Damkar dalam memadamkan api di gedung Ponpes LDII Lengkong yang terbakar akhirnya membuahkan hasil pada Sabtu 17 Juni 2023 dini hari.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden ini. Hanya saja pihak Ponpes LDII Lengkong ditaksir mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

“Kerugian (pihak Ponpes) Rp50 juta,” sebut Sujito.

Adapun pihak Damkar, lanjut Sujito, menduga insiden kebakaran di Ponpes LDII Lengkong disebabkan karena korsleting listrik.

“Kejadian korsleting listrik,” pungkas dia.