Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membanggakan! Nganjuk Borong Penghargaan Paralegal Justice Award 2023

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi bersama 12 kepala desa atau lurah yang memborong penghargaan pada ajang PJA 2023, Kamis 1 Juni 2023 malam

Nganjuknews.com – Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini perwakilan Kota Angin berhasil mendominasi perolehan penghargaan pada ajang Paralegal Justice Award (PJA) 2023.

Di mana pada PJA 2023, Kabupaten Nganjuk mengirimkan 12 orang kepala desa atau lurah. Jumlah ini menjadi yang terbanyak dibanding daerah lainnya.

Sebagai informasi, PJA merupakan bentuk apresiasi bagi kepala desa atau lurah yang berhasil menyelesaikan konflik di wilayahnya. Tujuannya membangun motivasi dalam memberikan pelayanan hukum, dan mengayomi warga dalam implementasi Restorative Justice (RJ).

PJA adalah hasil kolaborasi antarinstansi. Di antaranya Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), dan Mahkamah Agung.

Sementara pada ajang PJA 2023, 12 orang wakil Kota Angin menimba ilmu, dan bertarung dengan ratusan kepala desa maupun kepala daerah lain dari seluruh Tanah Air. Mereka mendapatkan pelatihan selama tiga hari di Hotel Discorvery, Ancol, Jakarta Utara.

Adapun pada sesi pemberian penghargaan, Kamis 1 Juni 2023 malam, perwakilan Kabupaten Nganjuk berhasil menjadi yang terbaik dalam lima kategori PJA 2023.

Antara lain Top Ten Pilihan Publik diraih oleh Kepala Desa Loceret, Witri Januarista. Kemudian Penerima Anugerah PJA 2023 dan Top Ten Pendidikan PJA diraih Kepala Desa Kwagean, Lusi Wahyu Wigati.

Selanjutnya, Anugerah Non Litigationn Peacemaker diraih Kepala Desa Bagorwetan, Sugeng Anto. Anugerah Sasana Desa Jagadhita diraih Lurah Mangundikaran, Azfandi Miftakhul Yaqin.

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyempatkan diri hadir pada malam penganugerahan tersebut. Kang Marhaen, sapaan akrabnya, sangat gembira atas prestasi yang ditorehkan Nganjuk ini.

“Alhamdulillah berprestasi lagi untuk warga Nganjuk,” ujar Kang Marhaen, Jumat 2 Juni 2023.

“Dua wakil Nganjuk bisa masuk Top Ten Pilihan Publik, luar biasa. Terima kasih warga Nganjuk,” lanjut dia.

Dengan prestasi yang diraih ini, Kang Marhaen berharap bisa semakin memberi manfaat bagi warga. Seperti bila terjadi masalah hukum ringan di tingkat desa, maka bisa diselesaikan secara langsung.

“Karena apresiasi ini, jadi kami berharap bapak ibu kepala desa dan kelurahan ini semakin optimal dalam melayani masyarakat. Pendidikan atau pengetahuan hukum di tingkat masyarakat bisa semakin ditingkatkan,” paparnya.

Berikut wakil Nganjuk yang menerima penghargaan PJA 2023:

Penerima Penghargaan PJA Top Ten Pilihan Publik

1.      Witri Januarista, Kepala Desa/Kecamatan Loceret

2.      Sugeng Anto, Kepala Desa Bagorwetan, Sukomoro

Penerima Anugerah Paralegal Justice Award

1.      Lusi Wahyu Wigati, Kepala Desa Kwagean, Loceret

2.      Witri Januarista, Kepala Desa/Kecamatan Loceret

3.      Dedy Nawan Mardiaz Krisna, Kepala Desa Gejagan, Loceret

4.      Joko Susanto, Kepala Desa Kenep, Loceret

5.      Pariyono, Kepala Desa/Kecamatan Ngluyu

6.      Moh Ansori, Kepala Desa Nglundo, Sukomoro

Penerima Anugerah Non Litigation Peacemaker

1.      Sugeng Anto, Kepala Desa Bagorwetan, Sukomoro

2.      Karsupin, Kepala Desa Ngadipiro, Wilangan

3.      Sunari, Kepala Desa Pisang, Patianrowo

4.      KH A. Syaiful Anam, Kepala Desa Sidoharjo, Tanjunganom

Penerima Anugerah Sasana Desa Jagadhita

1.      Azfandi Miftakhul Yaqin, Kepala Kelurahan Mangundikaran, Nganjuk

2.      Pipit Teguh Harianto, Kepala Desa/Kecamatan Lengkong

Penerima Sepuluh Teratas Selama Pendidikan PJA 2023

1.      Lusi Wahyu Wigati, Kepala Desa Kwagean, Loceret