Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakesbangpol Nganjuk Gelar Sosialisasi Demokrasi Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemilu di Gondang

Kegiatan Sosialisasi Demokrasi Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Pendopo Kecamatan Gondang, Kamis 6 Juli 2023

Nganjuknews.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Nganjuk melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) mengadakan Sosialisasi Demokrasi Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Pendopo Kecamatan Gondang, Kamis 6 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, Budianto mengatakan, berdasarkan undang-undang FKDM merupakan mitra pemerintah yang mempunyai tugas untuk menjaring, menampung, serta mengkoordinasikan data informasi dari masyarakat tentang potensi ancaman keamanan menjelang Pemilu.

"(FKDM) juga menjadi mata, telinga, mulut pemerintah. Sangat berperan penting memberikan informasi kepada pemerintah baik di tingkat kabupaten maupun pusat," ujar Budianto, Kamis 6 Juli 2023.

Melalui kegiatan ini, Budianto berharap masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan di lingkungannya masing-masing, dan juga fungsi kewarganegaraan dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

"Guna memaksimalkan peran FKDM dalam pendeteksian dan kewaspadaan dini di masyarakat. Perlu sinergitas antara Bakesbangpol Nganjuk dengan pemangku wilayah di tingkat kecamatan dan kelurahan," tutur Budianto.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Gondang, Zainun Nidhom menuturkan, bahwa tahun 2023 ini adalah tahun politik karena tahun depan merupakan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden.

"Ini menjadi kegiatan yang besar sekali, tentunya juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak seperti karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat dan yang lain," kata Nidhom.

"Kita berharap semua pihak bisa meminimalisir dan mengantisipasi jika nanti dalam Pemilu terdapat berita negatif atau hoaks, dengan cara memfilternya terlebih dahulu," lanjutnya.

Untuk diketahui, narasmber dalam kegiatan Sosialisasi Demokrasi Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Pendopo Kecamatan Gondang ini di antaranya Ketua FKDM Kabupaten Nganjuk, Suwarno.

Di mana Suwarno menyampaikan materi tentang Demokrasi Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemilu.

Narasumber berikutnya ada Sekretaris FKDM Kabupaten Nganjuk, Rasid Anggara, yang menyampaikan tentang Pemilu dan Ideologi Pancasila.