Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Nganjuk Beberkan Keberhasilan ke Tim Verifikator Pusat Penilaian Kabupaten-Kota Sehat 2023

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat memberikan paparan secara virtual ke Tim Verifikator Pusat Kemenkes di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Kamis 27 Juli 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyampaikan paparannya terkait dokumen keberhasilan dan penyelenggaraan kabupaten sehat di Nganjuk.

Hal itu ia paparkan di hadapan Tim Verifikator Pusat Kemenkes terkait penilaian Kabupaten/Kota Sehat 2023 secara virtual, Kamis 27 Juli 2023.

Adapun Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, memberikan paparan dari Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

“Dari sisi kolaborasi kelembagaan, Kabupaten Nganjuk telah memiliki 304 Forum Kabupaten Sehat,” jelas Kang Marhaen, Kamis 27 Juli 2023.

304 Forum Kabupaten Sehat itu, kata Kang Marhaen, terdiri dari 284 Kelompok Kerja (Pokja) Desa/Kelurahan Sehat dan 20 Forum Kecamatan Sehat.

“Sehingga di sini ada keterkaitan instruksi dan koordinasi (kelembagaan) sampai dengan tingkat desa," tutur politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu.

Menurut Kang Marhaen, aspek komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antarsemua elemen sangat penting dalam mewujudkan Nganjuk sebagai Kabupaten Sehat.

"Semua kita libatkan sehingga forum ini bisa optimal," tuturnya.

Untuk diketahui, ada sembilan tatanan yang menjadi penilaian. Di antaranya tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan permukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan pasar.

Berikutnya tatanan tempat pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, serta tatanan pencegahan dan penanganan bencana.

Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen turut menyampaikan bahwa ada beberapa penghargaan tingkat nasional atau provinsi yang berkaitan dengan forum kabupaten sehat yang pernah diraih Kabupaten Nganjuk.

"Pada tahun 2017 Nganjuk berhasil meraih predikat Swastisaba Padapda, dan tahun 2019 berhasil meraih predikat Swastisaba Wiwerda," pungkasnya.