Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DPRKPP Nganjuk Salurkan Bantuan ke Warga Ngrami yang Rumahnya Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Kegiatan penyerahan bantuan perbaikan rumah dari DPRKPP Kabupaten Nganjuk ke korban bencana angin puting beliung di Balai Desa Ngrami, Kamis 27 Juli 2023

Nganjuknews.com – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kabupaten Nganjuk kembali menyalurkan bantuan sosial perbaikan dan pembangunan rumah korban bencana.

Jika sebelumnya DPRKPP Kabupaten Nganjuk menyalurkan bantuan perbaikan rumah ke warga Desa Bagor Wetan yang terdampak bencana angin puting beliung, maka kali ini mereka memberikan bantuan ke warga Desa Ngrami.

Prosesi serah terima bantuan perbaikan rumah ini berlangsung di Balai Desa Ngrami, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Kamis 27 Juli 2023 siang.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Rakyat DPRKPP Kabupaten Nganjuk, Olvi Pamadya Utaya menjelaskan, ada sebanyak 10 warga Desa Ngrami yang menerima bantuan dari DPRKPP Kabupaten Nganjuk.

Ke-10 warga tersebut, kata Olvi, menerima bantuan setelah atap rumahnya rusak juga karena diterjang angin puting beliung sekitar dua bulan lalu.

“Di Desa Ngrami ada 10 warga (penerima bantuan), juga kerusakan akibat angin puting beliung,” jelas Olvi, Kamis 27 Juli 2023.

Bantuan yang diberikan kepada warga Desa Ngrami ini, lanjut Olvi, diambilkan dari anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT).

“Ini menggunakan BTT atau Bantuan Tidak Terduga, anggaran ini ada di BPKAD,” kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Nganjuknews.com, besaran bantuan yang diberikan oleh pihak DPRKPP Kabupaten Nganjuk ini sebesar Rp 500.000 per orang.

Menurut Olvi, bantuan yang diberikan ke warga korban bencana angin puting beliung ini tidak terlalu besar, karena mayoritas rumahnya hanya mengalami kerusakan ringan.

“Kerusakannya termasuk rusak ringan. Jadi untuk besarannya juga tidak begitu besar di sini,” paparnya.

“Kerusakan ringan itu dasarnya adalah dari asesmen (petugas) yang ke lapangan. Jadi kita ada alat atau tool yang digunakan untuk menghitung, menilai kerusakan dari rumah yang mengalami kerusakan tadi,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, pihak DPRKPP Kabupaten Nganjuk juga telah menyalurkan bantuan perbaikan rumah kepada 21 warga Desa Bagor Wetan, Kecamatan Sukomoro, yang terdampak bencana angin puting beliung.

Prosesi serah terima bantuan sosial perbaikan dan pembangunan rumah korban bencana itu berlangsung di Balai Desa Bagor Wetan, Kamis 27 Juli 2023 pagi.