Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen: Anak dan Pendidikan Adalah Investasi yang Tidak Ternilai

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat foto bersama dengan murid-murid SMPN 1 Berbek, Kamis 27 Juli 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, memberikan materi parenting dan motivasi kepada orang tua siswa serta para guru SMPN 1 Berbek di Aula Pertemuan SMPN 1 Berbek, Kamis 27 Juli 2023. 

Dalam paparanya, Kang Marhaen sapaan karib Marhaen Djumadi, menerangkan bahwa pendidikan sejatinya merupakan investasi yang tidak ternilai.

“Anak dan pendidikan adalah investasi yang tidak ternilai batasnya, atau biasanya kita sebut unlimited,” ujar Kang Marhaen, Kamis 27 Juli 2023.

“Maka dari itu kita perlu kesamaan tujuan, dan kesamaan bagaimana cara mendidik anak-anak kita bersama,” lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu.

Selanjutnya, Kang Marhaen menyebut perlu adanya pemahaman atas materi parenting bagi para orang tua atau wali murid, termasuk juga segenap guru di SMPN 1 Berbek.

“Mimpi saya sederhana, di masa mendatang ada generasi muda Kabupaten Nganjuk yang menjadi Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Gubernur, atau Bupati Nganjuk. Syukur-syukur berasal dari Berbek, khususnya dari SMPN 1 Berbek,” tuturnya.

Menurut Kang Marhaen, kunci sukses seorang anak ialah orang tua harus yakin dan percaya kepada anak-anaknya sendiri.

Sementara dalam mendidik anak, Kang Marhaen menyebut bahwa sebagai orang tua hendaknya tidak memaksakan pilihan-pilihan atas anaknya.

“Setiap anak adalah cerdas dan unik. Tidak ada yang namanya anak ‘bodoh’ dan nakal, yang ada adalah semua anak itu pintar, dan ukuran pintar itu bukan dilihat dari pelajaran akademiknya saja,” ucapnya.

Untuk itu, Kang Marhaen meminta para orang tua atau wali murid dan segenap guru SMPN 1 Berbek dapat menggali potensi siswa-siswanya.

“Saya titip, selalu doakan saja yang terbaik untuk anak-anak kita, dan kita sebagai orang tua harus yakin dan percaya kepada anak-anaknya. Yakin dan percaya kelak anak-anak kita menjadi anak yang sukses di dunia dan akhirat,” tambah Kang Marhaen.

Kepala SMPN 1 Berbek, Iik Yariani melanjutkan, acara ini diselenggarakan untuk memberikan motivasi kepada orang tua siswa kelas IX, dalam rangka persiapan siswa-siswi melanjutkan ke jenjang sekolah menengah atas.

“Sebagai bimbingan kepada orang tua, agar dapat mengarahkan anak-anaknya untuk tidak mengikuti trend-trend yang tidak baik saat ini,” lata kata dia.

“Kalau orang tua sudah dibekali, minimal dapat mengarahkan anak-anaknya untuk lebih fokus belajar. Supaya anak-anak tidak sering keluyuran, tidak membuang-buang waktu dan fokus di pendidikan,” pungkas dia.