Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Hadiri Sosialisasi Kelembagaan dan Bagi-bagi Sertifikat Kewirausahaan UMKM di Mangundikaran

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat Tanya jawab dengan peserta kegiatan sosialisasi kelembagaan dan penyerahan sertifikat kewirausahaan UMKM di Mangundikaran, Jumat 21 Juli 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyerahkan sertifikat kewirausahaan kepada sejumlah pelaku UMKM di Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk, Jumat 21 Juli 2023.

Penyerahan sertifikat kewirausahaan itu dilakukan Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, seusai membuka kegiatan sosialisasi kelembagaan dan penyerahan sertifikat kewirausahaan UMKM di Mangundikaran.

Dalam paparannya, Kang Marhaen memberikan penekanan atas pentingnya menjaga komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antara pemerintah desa dan lembaga desa.

"Untuk membentuk kelembagaan yang unggul harus mempunyai kesadaran dan tanggung jawab. Masing-masing lembaga harus dilibatkan, mulai dari tokoh masyarakat, kader, RT-RW, maupun lurah. Semua harus dilibatkan, komunikasi penting," ucapnya.

Menurut Kang Marhaen, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi menjadi sangat penting agar program dan kegiatan yang ada di desa dapat berjalan lancar dan maksimal.

"Sehingga dari hubungan yang tercipta harmoni antara pemerintah desa dan lembaga desa ini pelayanannya bisa menjadi bagus," jelasnya

Berikutnya, Kang Marhaen mendorong seluruh komponen di Kelurahan Mangundikaran dan lembaga desa untuk selalu berinovasi dan membuat trobosan baru, utamanya dalam pelayanan.

"Kelurahan Mangundikaran adalah tempatnya usaha, banyak orang mendirikan usaha di Mangundikaran. Maka dari itu mari kita branding menjadi tempatnya UMKM di Nganjuk," tuturnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Nganjuk ini lantas menyebut Kelurahan Mangundikaran merupakan salah satu kelurahan yang menjadi andalan dalam mendukung program pemerintah, baik dari tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Perlu diketahui Kelurahan Mangundikaran sudah banyak menorehkan prestasi.

"Selain sebagai tempatnya juara, torehan prestasi tidak hanya tingkat Jatim, tetapi juga nasional. Kader dan warganya pun sangat luar bisa, sehingga siapapun lurahnya seperti slogan Mangundikaran 'tetap semanggi' (semangat kerja tinggi). Semanggi adalah motivasi dari internal, kerja apapun harus punya semangat yang tinggi," tambahnya.

Lurah Mangundikaran, Purwohadi menuturkan, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kang Marhaen, dan sudah kali keenam dilakukan sosialisasi kelembagaan dan penyerahan sertifikat kewirausahaan UMKM di Kecamatan Nganjuk.

Purwohadi menyebut kelurahan yang dipimpinnya itu mempunyai projek unggulan, terutama di sektor UMKM-nya.

"Dan kami sedang berusaha agar bisa mendapatkan sertifikasi dari pusat," beber Purwohadi.

Selain itu, lanjut Purwohadi, Kelurahan Mangundikaran juga mempunyai potensi yakni embung yang masih dalam proses pembangunan.