Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Bupati Nganjuk ke Seluruh Ortu: Jangan Banding-Bandingkan Anak!

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat berdialog dengan salah satu wali murid dalam kegiatan parenting education di SMPN 1 Loceret, Kamis 27 Juli 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meminta seluruh orang tua atau wali murid di Kabupaten Nganjuk untuk tidak membanding-bandingkan anak atau peserta didik.

Hal itu disampaikan Kang Marhaen, sapaan karib Marhaen Djumadi, dalam kegiatan ‘parenting education’ peran orang tua dalam membentuk karakter pelajar yang berwawasan imtaq dan iptek pada era globalisasi di SMPN 1 Loceret, Kamis 27 Juli 2023.

Dalam paparannya, Kang Marhaen menjelaskan, alasan utama diselenggarakan parenting education ini ialah sebagai momen guru dan wali murid berintrospeksi diri, apakah selama ini sudah memberikan pola asuh anak yang baik dan benar.

Sebab, kata Kang Marhaen, sejatinya setiap anak memiliki ciri khas atau sifat yang berbeda-beda. Oleh karenanya sebagai orang tua dan guru harus bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan dari anaknya masing-masing.

"Maka kata kuncinya adalah jangan membanding-bandingkan anak. Karena anak adalah suatu bentuk tanggung jawab kita. Anak-anak ini adalah suatu titipan dari Allah SWT," pesan Kang Marhaen, Kamis 27 Juli 2023.

Selanjutnya, Kang Marhaen, menyinggung filosofi Anjuk Ladang, tanah kemenangan.

“Artinya kita memiliki DNA jiwa petarung untuk meraih kesuksesan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Loceret, Suhardi, mengucapkan terima kasih banyak atas motivasi yang diberikan Kang Marhaen dalam kegiatan parenting education ini.

"Dengan bangga dan senang kami keluarga besar SMPN 1 Loceret mengucapkan banyak terima kasih atas support dan dukungan Bupati Nganjuk dalam parenting di sekolahan kami," paparnya.

Suhardi menilai, Kang Marhaen ini merupakan satu-satunya bupati di Kabupaten Nganjuk yang peduli terhadap dunia pendidikan di Kota Bayu, nama lain Nganjuk.

"Kami berharap motivasi dari Bapak Bupati ini bisa diserap oleh para bapak ibu wali murid di SMPN 1 Loceret, sehingga para wali murid bisa mengawasi sekaligus membimbing anak-anaknya dengan baik," imbuhnya.

Pengamatan Nganjuknews.com, kegiatan parenting education ini diikuti sekitar 284 wali murid kelas IX SMPN 1 Loceret, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi, Forpimcam Loceret, dan segenap jajaran guru SMPN 1 Loceret.