Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen: Hasil Pertanian dan Perkebunan di Nganjuk Harus Dibranding

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, medorong agar seluruh stakeholder pertanian bersama-sama membrading hasil pertanian maupun perkebunan di Nganjuk, agar semakin dikenal masyarakat luas.

“Nganjuk harus punya identitas, hasil pertanian maupun perkebunan di Nganjuk harus kita branding,” jelas Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, Kamis 31 Agustus 2023.

“Ada Beras Zink, Bawang Merah atau Brambang Tajuk, Rambutan Ngetos, Durian Kepel, Duku Cepoko, Mangga Podang Ngetos,” lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut.

Hal itu disampaikan Kang Marhaen dalam kegiatan ‘Madul Kang Marhaen’ Temu Wicara Petani dan Stekeholder Pertanian Bersama Bupati Nganjuk di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Kamis 31 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen menyampaikan bahwa dirinya berharap Kabupaten Nganjuk dapat dikembangkan menjadi Kota Agropolitan.

“Program penataan pertanian di Kabupaten Nganjuk saat ini masih mencapai 15 persen hingga 20 persen. Masih kurang, perlu penguatan antara stakeholder dengan para petani. Untuk itu perlu dilakukan akselerasi melalui acara ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kang Marhaen menyampaikan pentingnya peran stakeholder pertanian dalam mendukung program-program pemerintah daerah.

“Untuk memaksimalkan capaian tersebut, kita perlu mengandeng para pengusaha. Kalau hanya pemerintah daerah dan para petani saja, kurang maksimal bahkan tidak akan mampu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disperta Kabupaten Nganjuk, Muslim Harsoyo, menyampaikan bahwa acara tersebut digelar untuk mengomunikasikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi para petani di Kabupaten Nganjuk.

“Juga untuk memberikan masukan-masukan dan merumuskan kebijakan-kebijakan dalam pembangunan pertanian. Termasuk juga dalam perencanaan prioritas pembangunan di Kabupaten Nganjuk,” ujarnya.

Pengamatan Nganjuknews.com, hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat teras du Kabupaten Nganjuk.

Di antaranya hadir Perwakilan Kepala Balai Besar Penelitian dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya, Camat se-Kabupaten Nganjuk, Distributor Pupuk, Ketua KTNA, Ketua HKTI Nganjuk, dan lainnya.