Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nganjuk Mantu Geden! Puluhan Pasangan Nikah Massal di Pendopo Kabupaten

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat memboyong 48 pasangan pengantin menuju pelaminan di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Pemkab Nganjuk, Sabtu 16 September 2023 malam

Nganjuknews.com – Sebanyak 48 pasangan pengantin melangsungkan resepsi pernikahan di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, Sabtu 16 September 2023 malam.

Puluhan pengantin itu berasal dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Tmur.

Sebelum mengikuti resepsi pernikahan di Pendopo Kabupaten, mereka telah terlebih dahulu menjalani prosesi ijab kabul di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan masing-masing seminggu yang lalu.

Baru pada Sabtu 16 September 2023 malam, 48 pasangan pengantin tersebut dipertemukan di Pendopo Kabupaten Nganjuk.

Pengamatan Nganjuknews.com, resepsi pernikahan di Pendopo Kabupaten Nganjuk ini berlangsung meriah. Pendopo “disulap” menjadi pelaminan yang ditata dengan indah.

Resepsi pernikahan ini dilangsungkan dengan adat Jawa, lengkap dengan pagar bagus dan domas.

Mulanya, pada Sabtu (16/9/2023) sore, 48 pasangan pengantin diarak menggunakan becak dari salah satu hotel tempat mereka menginap menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk.

Sesampainya di pendopo, mereka disambut oleh Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Nur Solekan. Lantas diadakanlah ritual temu manten di halaman pendopo.

Setelahnya, dengan diiringi alunan gamelan, Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, memboyong 48 pasangan pengantin tersebut ke pelaminan.

Prosesi resepsi pernikahan di Pendopo Kabupaten Nganjuk ini merupakan nikah massal bertajuk “Nganjuk Mantu Geden” yang diadakan oleh Pemkab Nganjuk.

Tak hanya sekadar menggelar nikah massal, 48 pasangan pengantin yang mengikuti acara ini juga difasilitasi dengan legalitas kependudukan mulai dari KTP hingga KK.

“Dengan mengikuti nikah massal ini, maka pernikahan mereka sudah tercatat di kependudukan, baik KTP maupun di KK,” jelas Kang Marhaen dalam sambutannya, Sabtu 16 September 2023 malam.

Program nikah massal ini, kata Kang Marhaen, gartis alias tak dipungut biaya sepeserpun. Mereka juga mendapatkan bingkisan dan uang saku dari Pemkab Nganjuk.

Tak hanya itu, 48 pasangan pengantin yang mengikuti nikah massal ini juga mendapatkan kamar khusus semalam di salah satu hotel di Kabupaten Nganjuk.

“Kami berharap dengan adanya acara ini bisa memberikan kebahagiaan bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk, terkhusus bagi pasangan mempelai dan keluarga yang hari ini melangsungkan resepsi di Pendopo,” tutur Kang Marhaen.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nganjuk, Gatut Sugiarto, memastikan 48 pasangan pengantin yang mengikuti nikah massal dibantu pengurusan perubahan KTP dan KK.

“Ini merupakan bentuk layanan prima dari kami, agar para pengantin ini mendapatkan status kependudukan yang terbaru," beber Gatut. (ADV Diskominfo Nganjuk)