Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TPID Kabupaten Nganjuk Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Nganjuk Nur Solekan (kiri) menyalurkan beras murah dalam kegiatan operasi pasar murah di Pasar Berbek, Rabu 4 Oktober 2023

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) rutin menggelar operasi pasar murah melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Kali ini operasi pasar murah diadakan di Pasar Berbek, Rabu 4 Oktober 2023. Adapun tujuan kegiatan ini yakni untuk mengendalikan laju inflasi di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan mengatakan, operasi pasar murah di Berbek ini dalam rangka stabilisasi harga pangan di wilayah Kota Angin.

"Seperti halnya tadi pagi kita juga laksanakan penyaluran bantuan pangan bersama Tim Satgas Pangan Nganjuk," jelas pria yang sekaligus menjabat Ketua TPID Kabupaten Nganjuk itu, Rabu 4 Oktober 2023.

Menurut Solekan, operasi pasar murah ini merupakan langkah nyata yang dilakukan Pemkab Nganjuk dalam upaya menstabilkan harga beras yang ada di pasaran.

"Karena perlu diketahui, beberapa saat ini lahan pertanian di Nganjuk belum siap panen, dan kita masih menunggu kurang lebih tiga minggu ke depan," ungkapnya.

Solekan sendiri telah menginstruksikan jajarannya untuk membuat schedule terkait pelaksanaan panen padi, dan hasilnya akan disampaikan kepada Bulog dan Badan Pusat Statistik.

"Kalau data yang diperoleh tidak sama akan menimbulkan persepsi harga masih tinggi dan beras langka," imbuhnya.

"Semua sudah ada upaya penanganan dari Pemkab Nganjuk. Semoga kita tetap terjaga di bawah inflasi nasional," tutupnya.