Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kini Giliran 15.330 Keluarga Penerima Manfaat di Nganjuk Terima Bantuan Beras dari Pemerintah

Penyaluran bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap kedua di Balai Desa Pacekulon, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin 9 Oktober 2023

Nganjuknews.com – Ratusan warga Desa Pacekulon, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, mengular di balai desa setempat, Senin 9 Oktober 2023.

Mereka mengantre panjang untuk menerima bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap kedua dari pemerintah.

Adapun penyaluran CBP tahap kedua tersebut secara simbolis dilakukan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo.

Selain Yusuf, ia turut didampingi Pimpinan Perum Bulog Kancab Kediri, segenap perangkat Desa Pacekulon, dan stakeholder terkait lainnya.

"Pemerintah Kabupaten Nganjuk kembali meluncurkan bantuan cadangan pangan kepada masyarakat penerima manfaat. Ini tahap kedua," jelas Yusuf, Senin 9 Oktober 2023.

Menurut Yusuf, setiap keluarga penerima manfaat mendapat bantuan pangan berupa beras CBP kualitas medium kemasan 10 kilogram per alokasi penyalurannya.

"Hari ini ada 8.094 KPM di Kecamatan Pace yang menerima bantuan CBP ini. Sementara di Kecamatan Berbek ada 7.236 KPM. Jadi total ada 15.330 KPM yang kita salurkan hari ini," paparnya.

Lebih lanjut, Yusuf mengatakan bahwa penyaluran bantuan pangan tersebut sebagai upaya mengendalikan inflasi dan menekan harga beras di pasaran.

"Masyarakat tidak perlu panik terkait cadangan pangan yang ada di Kabupaten Nganjuk. Tidak perlu ada aksi borong. Jumlah cadangan beras cukup, sehingga kita tinggal mengatur ritme pendistribusian dan harga," pungkasnya.

Untuk diketahui, data KPM bantuan CBP tersebut diperoleh dari Kementerian Sosial.

Di mana data dari Kementerian Sosial diserahkan ke Badan Pangan Nasional, untuk diteruskan ke Bulog dan dinas provinsi atau kabupaten/kota yang mengatur urusan pangan.

Adapun sebelum ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk bersama stakeholder terkait menyalurkan CBP tahap kedua di Kecamatan Tanjunganom dan Prambon, Rabu 4 Oktober 2023 lalu.

Penyaluran CBP tahap kedua di dua kecamatan tersebut menyasar 19.309 KPM, dengan rincian di Kecamatan Tanjunganom 9.868 KPM dan di Kecamatan Prambon 9.441 KPM.