Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Begini Pesannya

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, saat menjadi komandan upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Halaman Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Sabtu 28 Oktober 2023 pagi

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Halaman Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Sabtu 28 Oktober 2023 pagi.

Dalam upacara bendera ini, Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, didapuk menjadi komandan upacara.

Adapun upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini diikuti oleh jajaran Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, mahasiswa, pelajar, dan komunitas kepemudaan di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

Sementara dalam amanatnya, Sri Handoko membacakan pidato sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, dengan tema ‘Bersama Majukan Indonesia’.

"Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri," ujar Sri Handoko membcakan pidato Menpora Dito.

Momentum sumpah pemuda, kata Sri Handoko, juga untuk mengingatkan kembali atas sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

"Yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia," tuturnya.

Pemuda era sekarang, tambah Sri Handoko, juga telah diberikan ruang lebih oleh pemerintah untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

"Oleh karena itu setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang, agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor," tandasnya.

"Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten-kota, organisasi kepemudaan, komunitas, serta elemen-elemen lain," lanjut dia.