Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sri Handoko Taruna Salurkan Bantuan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan di Ngluyu

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menyalurkan bantuan air bersih di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kamis 26 Oktober 2023

Nganjuknews.com – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menyalurkan bantuan air bersih dan sejumlah bahan pokok bagi masyarakat yang terdampak kekeringan di wilayah Kecamatan Ngluyu, Kamis 26 Oktober 2023.

Sri Handoko menjelaskan, penyaluran bantuan itu merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu masyarakat yang kekurangan air bersih.

Dalam momen itu, Sri Handoko juga mengajak berbagai pihak untuk ikut serta dengan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan air bersih.

“Karena untuk droping air ini tidak hanya bergantung pada BPBD, tetapi dari beberapa elemen masyarakat dan hari ini juga ada dari Kwarcab Pramuka Nganjuk (yang memberikan bantuan),” ujarnya.

Hal itu disampaikan Sri Handoko saat menyalurkan air bersih di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Kamis 26 Oktober 2023.

Dalam upaya mengatasi kekurangan pasokan air bersih, Sri Handoko telah menginstruksikan BPBD untuk membuat lima sumur bor di daerah yang mengalami kekeringan. Salah satunya di Desa Tempuran, Kecamatan Ngluyu.

"Jadi ini menjadi antisipasi kita bersama dalam menyikapi kemarau panjang dan masalah kekeringan di wilayan Kabupaten Nganjuk. Harapannya masyarakat Nganjuk tidak lagi yang kesusahan mendapatkan air bersih," tutur Sri Handoko.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nganjuk, Abdul Wakid, melaporkan bahwa saat ini beberapa wilayah Kabupaten Nganjuk sedang mengalami bencana kekeringan dan kekurangan air bersih.

Menurutnya, bencana kekeringan sudah melanda Kabupaten Nganjuk sejak 20 Juli 2023 lalu.

"Sampai saat ini ada sembilan dusun, enam desa, dan empat kecamatan yang dilanda bencana kekeringan kekurangan air bersih. Oleh karena itu, dengan adanya dropping air bersih ini semoga bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat terdampak," ucap Wakid.

Pengamatan Nganjuknews.com, ada sebanyak 12 tandon, 100 dus air mineral, 100 jeriken, dan empat tangki air bersih yang dibagikan Sri Handoko kepada warga Kecamatan Ngluyu, Kamis 26 Oktober 2023.

Bantuan itu berasal dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nganjuk.