Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Desa Baleturi dan Asal Usulnya

Papan nama Kantor Desa Baleturi, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Nganjuknews.com – Desa Baleturi merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Sejarah Desa Baleturi sendiri belum banyak yang mengkaji.

Merujuk laman prambon.nganjukkab.go.id, Desa Baleturi mulai dikenal masyarakat luas sejak tahun 1930 silam. Namun keterangan ini masih perlu dikaji kebenarannya.

“Sejak kurang lebih tahun 1930 Desa Baleturi sudah merupakan salah satu desa yang secara dinamis mengalami perkembangan yang cukup baik, dan masyarakatnya juga mempunyai semangat perubahan yang tinggi,” demikian tulis situs prambon.nganjukkab.go.id.

Secara toponimi, Baleturi diduga berasal dari dua kata yakni ‘balai’ dan ‘turi’.

Sebagai informasi, toponimi merupakan bidang keilmuan dalam linguistik yang membahas tentang asal-usul penamaan nama tempat, wilayah, atau suatu bagian lain dari permukaan bumi, termasuk yang bersifat alam yang buatan.

Sementara merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘balai’ diartikan sebagai gedung, rumah, atau kantor. Secara harfiah, balai kerap diartikan sebagai tempat pertemuan.

Sedangkan kata ‘turi’, masih merujuk KBBI, yakni pohon berkayu lunak, tingginya mencapai 12 meter, daunnya majemuk menyirip, digunakan sebagai makanan ternak, bunganya dapat dijadikan sayur, biasa ditanam sebagai tanaman pelindung.

Adapun laman prambon.nganjukkab.go.id, kata ‘turi’ diartikan sebagai “memberikan petunjuk, wejangan, arahan atau petuah,”.

Berkaitan dengan toponimi Desa Baleturi ini perlu pendalaman lebih lanjut.

Secara administratif, Desa Baleturi berbatasan dengan Desa Rowoharjo di sebelah utara, Desa Nglawak di sebelah barat, Desa Bandung di sebelah selatan, dan berbatasan dengan Desa Tegaron dan Desa Sanggrahan di sebelah timur.

Di antara kepala desa yang tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Desa Baleturi di antaranya sebagai berikut:

1. H. Imam Nawawi (dari tahun 1955 sampai dengan 1988)

2. Pjs Kades Sumarjan (dari tahun 1989 sampai dengan 1990)

3. H Wilham Sangi (dari tahun 1990 sampai dengan 2006)

4. Heri Suparta (dari tahun 2007 sampai dengan 2013)

5. Wiibnu Fajar, SE (dari tahun 2014 sampai dengan 2019)

*Disadur dari laman prambon.nganjukkab.go.id pada 15 Oktober 2023