Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Launching Gerakan Pangan Murah Berkualitas di Alun-alun Berbek

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, saat melaunching Gerakan Pangan Murah Berkualitas di Kabupaten Nganjuk di Alun-alun Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Kamis 2 November 2023

Nganjuknews.com – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, melaunching Gerakan Pangan Murah Berkualitas di Kabupaten Nganjuk di Alun-alun Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Kamis 2 November 2023.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah Berkualitas tersebut diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Nganjuk bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Nganjuk.

Selain di Kecamatan Berbek, nantinya Gerakan Pangan Murah Berkualitas ini akan dilaksanakan secara bergilir di 20 kecamatan yang ada di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

Adapun dalam Gerakan Pangan Murah Berkualitas ini disediakan sejumlah kebutuhan pokok, di antaranya beras program Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP), lalu ada minyak goreng, gula pasir, daging ayam.

Berikutnya ada telur, bawang merah, bawang putih, cabai, berbagai jenis sayuran dengan harga murah dan berkualitas, serta bahan kebutuhan pokok lainnya.

Sementara Sri Handoko menuturkan, Gerakan Pangan Murah Berkualitas ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk untuk mengendalikan harga pangan di pasaran, serta pengendalian inflasi pangan di Kota Bayu.

“Agar masyarakat memiliki daya beli untuk mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga relatif murah dari harga pasaran, namun memiliki kualitas baik,” jelas Sri Handoko kepada wartawan termasuk Nganjuknews.com di lokasi, Kamis 2 November 2023.

Sri Handoko pun mengapresiasi kegiatan Gerakan Pangan Murah Berkualitas terobosan DKPP Kabupaten Nganjuk itu.

Ia berharap melalui gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga membawa dampak pemulihan perekonomian di Kabupaten Nganjuk.

“Masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbelanja mencukupi kebutuhannya. Namun perlu juga saya ingatkan, berbelanjalah sesuai kebutuhan,” tuturnya.

“Kami berharap rangkaian kegiatan gerakan pengan murah ini dapat berjalan tertib, aman, dan lancar di setiap kecamatan, serta dapat meringankan beban masyarakat untuk memperoleh harga pangan murah dengan kualitas baik,” lanjut Sri Handoko.

Kepala DKPP Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untik diversifikasi pangan masyarakat.

“Upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi, sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja, melalui pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman, yakni pelatihan memasak olahan pangan NBNT (Non Beras Non Terigu),” papar Yusuf.

Pengamatan Nganjuknews.com, kegiatan Gerakan Pangan Murah Berkualitas di Alun-alun Kecamatan Berbek ini diserbu warga.

Antusiasme warga terihat dari banyaknya antrean di masing-masing stand bazar pangan murah yang disediakan penyelanggara. Satu persatu mereka antre dan dilayani oleh para petugas.

Sebelum kegiatan Gerakan Pangan Murah Berkualitas ini dibuka, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko, secara simbolis memotong pita balon. Hal itu sebagai tanda dibukanya kegiatan tersebut.

Saat memotong pita balon itu Sri Handoko tak sendiri, ia turut didampingi Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Nur Solekan.

Selanjutnya hadir segenap Staf Ahli dan Asisten Bupati Nganjuk. Turut hadir pula Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk Eka Haryati Taruna beserta anggota, serta anggota TPID Kabupaten Nganjuk.