Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Serahkan Penghargaan ke 55 Desa Terbaik dalam Tata Kelola Keuangan Desa

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna saat menyerahkan piagam penghargaan beserta piala kepada 55 desa terbaik dalam hal pengelolaan keuangan desa di Gedung Wanita Kabupaten Nganjuk, Kamis 9 November 2023 malam

Nganjuknews.com – Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk menggelar malam penganugerahan Tata Kelola Keuangan Desa tahun 2023 di Gedung Wanita Kabupaten Nganjuk, Kamis 9 November 2023 malam.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna. Dalam kegiatan ini Sri Handoko menyerahkan langsung piagam penghargaan beserta piala kepada 55 desa terbaik dalam hal pengelolaan keuangan desa.

Inspektur Daerah Kabupaten Nganjuk, Mokhamad Yasin mengatakan, bahwa kegiatan ini diadakan untuk mendukung visi-misi bupati dalam mewujudkan program mbangun deso noto kutho.

Selain itu, lanjut Yasin, kegiatan ini juga sebagai upaya pemerintah dalam menilai tata kelola keuangan desa yang sesuai dengan aturan atau ketentuan.

“Karena ini juga untuk memberikan motivasi desa agar memiliki kepatuhan dalam mengelola tata kelola keuangan desa. Pengelolaan tata keuangan desa yang akuntable, transparan, dan sehat,” tutur Yasin.

Menuut Yasin, pada penganugrahan Tata Kelola Keuangan Desa tahun 2023 ini mengalami kenaikan prestasi. Di mana pada tahun 2022 lalu hanya ada sembilan desa kategori madya dan 16 desa kategori pratama.

"Sementara tahun ini 2023 ada 7 desa nindiya, 26 madya, dan 22 pratama," ungkap Yasin.

Yasin menjelaskan, proses penilain Tata Kelola Keuangan Desa ini dilaksanakan oleh pemeriksa audit dan P2 UPD Inpektorat Daerah secara obtyektif dan profesiaonal.

Penilaian dilaksanakan saat APIP mengaudit ketaatan dan monitoring tata kelola keuangan desa mulai bulan Februari sampai dengan Maret 2023.

“Adapun indikator penilaiannya yakni adalah tahap perencanaan 30 persen, tahap pelaksanaan 33 persen, tahap penata usahaan 12 persen, tahap pelaporan tujuh persen, dan tahap pertanggung jawaban 18 persen,” ungkapnya.

"Juga ada penambahan nilai terkait pengelolaan BUMDES dan kepatuhan pembayaran PBB," tambah Yasin.

Sementara itu, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko, mengapresiasi Inspektur Daerah yang telah menyelenggarakan penganugerahan Tata Kelola Keuangan Desa tahun 2023. Ia juga mengapresiasi pihak desa yang sukses dalam mengelola keuangan desanya.

“Ini adalah bentuk apresiasi pemerintah daerah atas keberhasilan tata kelola keuangan desa,” ujar Sri Handoko.