Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alokasi DAK Fisik Bidang Pendidikan di Nganjuk Tepat Sasaran: SDN Karangsono Makin Kinclong, Siswa Nyaman

Kepala SDN Karangsono, Tri Lestari, saat menunjukkan salah satu gedung yang dibangun dengan menggunakan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2023, Jumat 8 Desember 2023 lalu

Nganjuknews.com – Sebanyak 40 sekolah negeri di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan tahun 2023 via Dinas Pendidikan (Disdik).

Salah satu lembaga pendidikan yang menerim bantuan tersebut yakni SDN Karangsono, di Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Nganjuknews.com, pemanfaatan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2023 di SDN Karangsono digunakan untuk merehab lima ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang perpustakaan, tiga ruang toilet, dan rehab ruang lab.

Selanjutnya, juga dilakukan pembangunan ruang guru, ruang UKS, dan pembangunan empat ruang toilet di SDN tersebut.

"Rehab maupun pembangunan yang menggunakan DAK fisik 2023 ini dikerjakan secara swakelola," jelas Kepala SDN Karangsono, Tri Lestari pada Jumat 8 Desember 2023 lalu.

“Beberapa bangunan yang catnya lama, kami cat sekalian meskipun tidak masuk dalam kontrak, supaya terlihat bagus, sama dengan bangunan baru yang sedang dikerjakan,” lanjut dia.

Tri Lestari menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Disdik Kabupaten Nganjuk yang telah mengalokasikan bantuan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2023 ke SDN Karangsono.

"Dengan gedung baru serta kelengkapan sarana prasarana, kami bertekad untuk memajukan pendidikan, khususnya di SDN Karangsono," papar Tri Lestari.

"Salah satunya dengan tetap mempromosikan SDN Karangsono kepada masyarakat, agar setiap tahun mendapatkan murid baru sesuai kuota," sambung dia.

Sementara dengan dibangunnya ruang lab baru, Tri Lestari berencana menambah ekstrakurikuler TIK di SDN Karangsono pada tahun ajaran baru 2024 mendatang.

"Jumlah peserta didik SDN Karangsono 130 siswa. Dari ratusan murid ini pasti punya keinginan yang berbeda, makanya akan kita galakkan ekstrakurikuler," ucap Tri Lestari.

"Kami masih ada sisa dua ruangan, dan akan kami sulap menjadi musala. Nantinya kami juga akan adakan ekstrakurikuler baca tulis quran atau BTQ," terangnya.

Kabid SMP Disdik Kabupaten Nganjuk, Restiyan mengatakan, tahun ini Disdik Kabupaten Nganjuk mengalokasikan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2023 untuk 40 lembaga pendidikan, dengan menggunakan metode swakelola tipe 1.

40 lembaga pendidikan tersebut meliputi 30 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 10 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), salah satunya SDN Karangsono.

"Dengan adanya program DAK fisik bidang pendidikan ini tentu dapat meningkatkan mutu belajar mengajar, serta meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, khususnya di Kabupaten Nganjuk," pungkas Restiyan.