Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sri Handoko Taruna Hadiri Zoom Meeting Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang Dipimpin Mendagri

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna (tengah) saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian, Senin 18 Maret 2024

Nganjuknews.com – Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian.

Sri Handoko mengikuti rapat tersebut melalui zoom meeting di Ruang Planning Center Bappeda Nganjuk, Senin 18 Maret 2024.

Dalam rapat tersebut, Sri Handoko didampingi oleh perwakilan Forkopimda dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Adapun dalam arahannya, Mendagri Tito mengatakan, bahwa rapat kali ini lebih difokuskan untuk membahas kenaikan harga komoditas selama Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kita tahu saat ini beberapa harga bahan pokok mengalami kenaikan. Adanya kenaikan dari beberapa komoditas ini harus diimbangi dengan kemampuan daya beli Masyarakat,” ujar Tito.

Menurut Tito, beberapa upaya menaikkan daya beli masyarakat sebenarnya telah dilakukan oleh pemerintah. Seperti melalui pemberian bantuan, PKH, sembako, dan lain-lain.

Tak hanya itu, saat ini pemerintah juga sedang dalam proses untuk pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 untuk para ASN, guna menaikkan daya beli masyarakat.

Selanjutnya, dalam momen itu Tito juga menyampaikan adanya kenaikan inflasi tahun ke tahun (Februari 2024 terhadap Februari  2023) yakni sebesar 2, 75 persen.

Sedangkan inflkasi dari bulan ke bulan (Februari 2024 terhadap Maret 2024) ada kenaikan sebesar 0,37 persen.

Usai mendengar paparan dari Tito dan narasumber lainnya, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna menuturkan, pihaknya akan langsung menindaklanjuti dan membahasnya dengan TPID Kabupaten Nganjuk dan OPD teknis terkait.