Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

May Day, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Ziarah ke Makam Marsinah di Nglundo

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menaburkan bunga saat berziarah ke Makam Marsinah di Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Rabu 1 Mei 2024

Nganjuknews.com – Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, berziarah ke Makam Marsinah, Rabu 1 Mei 2024. Ziarah ini dilakukan bertepatan dengan momen Hari Buruh atau May Day.

Dalam kegiatan ziarah ini Sri Handoko tak sendiri. Ia turut ditemani Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono, serta beberapa tokoh lainnya di Kabupaten Nganjuk.

Untuk diketahui, Marsinah merpakan seorang pahlawan buruh yang terkenal karena perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak pekerja di Indonesia.

Marsinah gugur pada masa Orde Baru, dan dimakamkan di Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Kunjungan ziarah yang dilakukan Sri Handoko ini menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan Marsinah, dan menghormati dedikasinya bagi perbaikan kondisi sosial bagi pekerja.

Sementara dalam ziarah ini, Sri Handoko menyampaikan penghormatan, doa, serta menaburkan bunga di makam Marsinah.

Setelahnya, Sri Handoko menyampaikan pentingnya mempertahankan semangat perjuangan Marsinah, dalam memperjuangkan hak-hak pekerja.

Ia juga menegaskan komitmen pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, untuk terus memperjuangkan kesejahteraan dan perlindungan bagi seluruh pekerja di Kota Bayu.

“Marsinah menggambarkan sebuah aktivitas tenaga kerja, untuk menjadi baik untuk menunjukan hal sebuah tenaga kerja,” tutur Sri Handoko.

“Kami sebagai pemerintah juga harusnyna mengerti apa yang terbaik bagi tenaga kerja kita. Intinya di May Day ini saya melihat secara internal bagaimana pemerintah daerah merespon yang terbaik untuk tenaga kerja, di atas aturan yang benar,” lanjutnya.

Usai berziarah di Makam Marsinah, Sri Handoko bersama Tatit Heru Tjahjono menerima audiensi dari Serikat Pekerja Kabupaten Nganjuk.

Audiensi ini bertujuan untuk mendengarkan aspirasi dan masukan langsung dari para pekerja terkait kondisi buruh saat ini, serta untuk membahas upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan hak-hak pekerja.

Melalui momen audiensi ini, Sri Handoko kembali menegaskan komitmennya untuk bekerja sama dengan serikat pekerja dan seluruh pemangku kepentingan terkait, untuk menyelesaikan masalah-masalah buruh di Nganjuk.