Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkab Nganjuk Gelar Pangan Murah Berkualitas di GOR Bung Karno

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi memberikan arahan dalam kegiatan Gelar Pangan Murah Berkualitas Ramadan 1443 Hijriah di halaman GOR Bung Karno Nganjuk, Selasa (19/4//2022)

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur  menggelar kegiatan Pangan Murah Berkualitas Ramadan 1443 Hijriah di halaman GOR Bung Karno Nganjuk, Selasa (19/4//2022).

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, kegiatan Pangan Murah Berkualitas ini tidak hanya diperuntukkan buat kalangan dengan ekonomi menengah ke bawah, melainkan juga golongan ekonomi menengah ke atas.

“Gelar pangan murah itu bukan gratis, tapi memberikan subsidi, diskon. Ini untuk menengah ke atas, kita berikan diskon,” kata Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi kepada wartawan di lokasi, Selasa (19/4//2022).

Menurut Kang Marhaen, pemerintah telah mengalokasikan anggaran khusus untuk membantu kalangan dengan ekonomi bawah. Bantuan itu diberikan dalam bentuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Kemudian mereka yang kemampuan ekonominya kurang, maka pemerintah punya program yaitu BLT Minyak Goreng kurang lebih 3 bulan, per bulan dapat Rp 100 ribu jadi Rp 300 ribu. Kemudian sembako satu bulan nilainya Rp 200 ribu,” sebut Kang Marhaen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, Budi Sutjahjono, menyebut kegiatan Pangan Murah Berkualitas ini hanya dilaksanakan hari ini. Tidak ada persyaratan khusus bagi warga yang ingin membeli barang di kegiatan ini.

“Tujuan kegiatan ini lebih untuk menjaga stabilitas harga di pasaran,” papar Budi.

Adapun dalam kegiatan ini, lanjut Budi, pihaknya menyediakan 51 jenis bahan kebutuhan pokok. Di antaranya minyak goreng, gula pasir, daging ayam, bawang putih, beras, cabe rawit, telur ayam, dan lainnya.

“Khusus minyak goreng kami menyiapkan 3 ribu liter, berasnya 3 ton, terus gula pasir 1 ton 250 kilogram,” tutur Budi.

Salah satu warga yang mengikuti Gelar Pangan Murah Berkualitas, Sulis (30), mengaku harus antre panjang sebelum akhirnya bisa membeli beberapa bahan kebutuhan pokok.

“Oh antreannya panjang sekali, butuh pengorbanan,” kata Warga Kelurahan Cangkringan, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, tersebut.

Adapun dalam kegiatan Pangan Murah Berkualitas ini, Sulis hanya membeli minyak goreng, nugget, dan sosis. Ia menyebut barang-barang yang dibelinya memang lebih murah dibanding harga di pasaran.

“Tadi harga minyak gorengnya Rp 40 ribu dapat dua liter,” pungkas dia.