Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Launching Gerakan Sebarnusa untuk Cegah Stunting

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyematkan pin konselor gerakan Sebarnusa di Pendopo Kecamatan Pace, Selasa 12 Juli 2022

Nganjuknews.com – Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, melaunching program ‘Semangat Berkobar Membangun Nusa Bangsa’ atau Sebarnusa sebagai upaya mencegah stunting di Kabupaten Nganjuk.

Sebarnusa merupakan gerakan yang digagas Pemerintah Kecamatan Pace. Gerakan ini secara resmi diluncurkan Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, di Pendopo Kecamatan Pace, Selasa 12 Juli 2022.

“Melalui kegiatan ini saya menekankan bahwa program Sebarnusa adalah program bersama kita semua, untuk mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Nganjuk,” ujar Kang Marhaen.

Kang Marhaen menegaskan, program Sebarnusa bukan hanya milik pemerintah, melainkan juga juga milik masyarakat dan keluarga-keluarga yang ada di Kabupaten Nganjuk, khususnya di Kecamatan Pace.

“Melalui program ini kita bisa mewujudkan mimpi besar Pemkab Nganjuk, yakni mencetak generasi emas untuk mewujudkan SDM yang unggul dan berkualitas. Sesuai dengan visi misi program pemerintah daerah,” bebernya.

Untuk mencetak SDM unggul, kata Kang Marhaen, kini pihaknya melaksanakan berbagai program pendampingan kepada generasi muda. Di antaranya pemberian bimbingan konselor atau training.

“Artinya para pemuda di Kabupaten Nganjuk atau khususnya di Kecamatan Pace ini diberikan wadah, sebagai teman curhat melalui pendampingan, sehingga kelak jika mereka akan menikah sudah memiliki bekal akan pentingnya pencegahan stunting,” tuturnya.

Kang Marhaen melanjutkan, bagi mereka yang sudah hamil juga akan diberikan bimbingan hingga bayinya lahir sampai di usia 1.000 hari atau dua tahun, dengan didampingi petugas yang dikoordinasi Camat Pace.

“Sehingga bayi lahir dengan sehat dan tidak stunting,” sebut Kang Marhaen.

Politikus PDI Perjuangan ini bergarap gerakan Serbanusa ini mampu memberikan kontribusi dalam pencegahan dan pengendalian stunting di Kabupaten Nganjuk.

“Targetnya di tahun 2022 stunting harus turun di angka 14 persen. Ini perlu kerja sama kita semua,” kata dia.

Camat Pace, Ida Shohibatin mengatakan, gerakan Sebarnusa merupakan program pemberdayaan kaum muda sebagai generasi bangsa, yang harus dibekali kreativitas dalam mencapai masa depannya.

“Karena saat ini masalah yang dihadapi adalah deddy boomers. Artinya jumlah pemuda melebihi jumlah generasi lansia dan lain sebagainya,” papar Ida.