Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dihadapan Insan Media, Pemkab Nganjuk Tegaskan Komitmennya untuk Gempur Rokok Ilegal

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat memberikan sambutan dalam kegiatan talkshow sosialisasi gempur rokok ilegal bersama insan media di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Selasa 25 Juli 2023

Nganjuknews.com – Sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam memaksimalkan pendapatan dari cukai rokok, Pemkab Nganjuk dan Bea Cukai Kediri berkomitmen untuk menyukseskan gerakan gempur rokok ilegal.

Salah satunya yakni melalui talkshow sosialisasi gempur rokok ilegal bersama insan media se-Kabupaten Nganjuk, di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Selasa 25 Juli 2023.

Talkshow yang dibuka secara langsung oleh Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, itu sisambut antusias oleh para awak media di Kota Angin, nama lain Kabupaten Nganjuk.

“Hari ini kita deklarasikan gempur rokok ilegal bersama insan media se-Kabupaten Nganjuk,” ujar Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi saat membuka talkshow.

“Ini bentuk komitmen kita bersama dalam memberantas peredaran rokok ilegal di Kota Angin," lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut.

Kang Marhaen menuturkan, cukai tembakau merupakan salah satu penyumbang terbesar bagi penerimaan pendapatan negara.

Oleh karena itu, kata dia, cukai tembakau perlu dikawal dan diawasi bersama.

Sebab, pemanfaatan cukai tersebut salah satunya berupa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), saban tahun dibagikan kepada daerah penghasil tembakau seperti Nganjuk.

"Kabupaten Nganjuk mendapatkan Rp 35 miliar dari dana bagi hasil tersebut, yang dialokasikan untuk tujuh bidang yaitu kesehatan, penegakan hukum daerah, sosial, perdagangan, tenaga kerja, pertanian, dan yang terakhir diprioritas pembanguan daerah," jelasnya.

Sementara keberadaan media massa, bagi Kang Marhaen merupakan partner pemerintah daerah.

Untuk itu, ia berharap insan media dapat membantu menyosialisasikan gempur rokok ilegal kepada masyarakat luas.

“Ayo kita semangat bangun Nganjuk bersama-sama dengan insan media, sebagai sarana penyampaian informasi yang benar kepada masyarakat," pungkas Kang Marhaen.

Pengamatan Nganjuknews.com, talkshow sosialisasi gempur rokok ilegal bersama insan media ini diikuti sebanyak 130 jurnalis yang ada di Kota Bayu.

Adapun narasumber dalam kegiatan talkshow ini yakni Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Selanjutnya ada Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC TMC) Kediri, Sunaryo.

Narasumber berikutnya yakni jurnalis Indosiar sekaligus Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, Danu Sukendro.