Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Buka Pelatihan Keterampilan Digital Omah Tandang, Begini Harapannya

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, saat membuka pelatihan keterampilan digital ‘Omah Tandang’ di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, Kamis 16Mei 2024

Nganjuknews.com – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, membuka pelatihan keterampilan digital ‘Omah Tandang’ di Ruang Rapat Anjuk Ladang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, Kamis 16 Mei 2024.

Rencananya, pelatihan keterampilan digital ini akan berlangsung selama lima hari, pada tanggal 16, 17, 20, 21, dan 22 Mei 2024.

Berdasarkan informasi yang diterima Nganjuknews.com, pelatihan ini diikuti oleh 67 peserta.

Para peserta ini terdiri dari 40 orang perwakilan desa/kelurahan percontohan Kampung Digital Anjuk Ladang, 20 fasilitator Kampung DIAL, tiga pendamping dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk, dan empat Duta Desa Digital.

Dalam sambutannya, Sri Handoko menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki era 4.0. Oleh karenanya, era digital menjadi kepastian yang tidak dapat dihindari. Untuk itu, lanjut Sri Handoko, Pemkab Nganjuk harus adaptif, dan mau mengikuti perkembangan zaman.

“Termasuk bukti digitalisasi sudah mulai dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk adalah dengan indeks SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang terus meningkat (3.62). Hal ini harus direspon atau diterima dampaknya oleh masyarakat,” sebutnya.

Sri Handoko berharap melalui program Omah Tandang ini masyarakat dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Lebih lanjut, ia juga mengimbau kepada kepala perangkat daerah agar menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk berbelanja di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Nganjuk melalui e-katalog lokal.

“Setelah lulus pelatihan nanti, jangan lupa informasikan kepada masyarakat yang lain mengenai Omah Tandang,” tutur Sri Handoko.

Terakhir, Sri Handoko Taruna memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk selaku inovator program Omah Tandang.

Perlu diketahui, bahwa program pelatihan keterampilan digital ini merupakan awal dari serangkaian kegiatan yang ada dalam program Omah Tandang (Rumah Talenta Digital Anjuk Ladang).

Selain pelatihan, juga disediakan Co Working Space yang beralamatkan di Jl Basuki Rahmat, atau sebelah utara Rumah Dinas Wakil Bupati, yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat termasuk alumni dari pelatihan.

Adapun beberapa fasilitas yang ada di Co Working Space Omah Tandang antara lain dua komputer multimedia, empat komputer office, studio mini untuk keperluan foto produk, TV 100 inch, dan internet dengan kecepatan hingga 1 Gbps, serta ruangan yang bersih dan ber-AC.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki menyampaikan, bahwa pelatihan tersebut merupakan tindak lanjut dari angka indeks SPBE dan smart city yang meningkat cukup pesat.

Angka yang tinggi tersebut harus betul-betul berdampak nyata kepada masyarakat.

“Tantangannya adalah bagaimana smart city bisa berdampak nyata kepada masyarakat di Nganjuk. Dari pemikiran tersebut, kami menghadirkan Kampung DIAL sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 188/9/K/411.013/2024. Ada 20 Desa/Kelurahan percontohan di 20 kecamatan yang saat ini menjadi peserta pelatihan,” jelas Slambas, sapaan karibnya.

“Bagaiman smart city menghadirkan cuan untuk masyarakat, dengan Omah Tandang masyarakat dilatih, memproduksi, dan memasarkan. Omah Tandang menjadi paket pemberdayaan terpadu bagi masyarakat,” tutupnya.