Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sri Handoko Taruna Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alun Nganjuk

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, dalam kegiatan upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 di Alun-alun Nganjuk, Minggu 22 Oktober 2023 pagi

Nganjuknews.com – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, memimpin secara langsung upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 di Alun-alun Nganjuk, Minggu 22 Oktober 2023 pagi.

Mengusung tema 'Jihad Santri Jayakan Negeri', upacara HSN ini diikuti oleh segenap jajaran Forkopimda Nganjuk dan Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk.

Selanjutnya upacara ini juga diikuti ratusan pelajar serta para santri dari beberap pondok pesantren di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Sri Handoko mengapresiasi peran santri dalam memajukan bangsa dan negara. Ia lantas menekankan pentingnya semangat jihad santri dalam membentuk karakter yang kuat, berintegritas, dan cinta tanah air.

"Kita tekankan pentingnya semangat jihad santri dalam membentuk karakter yang kuat, berintegritas, dan cinta tanah air," ucap Sri Handoko.

Terpisah, Kapolres Nganjuk, AKBP Muhammad, menekankan pentingnya pendidikan dan pengembangan diri bagi para santri yang menjadi penerus perjuangan bangsa.

Oleh karena itu, kata Muhammad, pendidikan dan pembinaan karakter santri harus terus ditingkatkan.

“Jihad tidak harus mengangkat senjata dan berperang, tetapi santri juga harus berkontribusi dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya,” tuturnya.

“Kita semua harus mendukung mereka agar bisa berkembang dan berkontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa," lanjut Muhammad.

Untuk mewujudkan itu semua, lanjut Muhammad, santri harus menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat, dan berperan aktif dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

Selanjutnya Muhammad berharap dalam peringatan Hari Santri Nasional 2023 ini menjadi momentum untuk menguatkan semangat dan tekad para santri dalam berjuang untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Dengan pembinaan yang baik dan dukungan penuh dari masyarakat serta pemerintah, generasi santri diharapkan mampu melahirkan inovasi dan prestasi yang dapat membawa Indonesia menuju masa depan yang gemilang," tutup Muhammad.